NKRI (Negara Kesayangan : Republik Indonesia)

Dear NKRI (Negara Kesayangan : Republik Indonesia).

Selamat hari kasih sayang untukmu, negeriku.
Semoga kasih dan sayang bagimu tidak habis ditelan oleh asap polusi angkutan umum atau kemacetan di kota-kota besarmu.

Sebenarnya aku tidaklah pantas untuk mengucap selamat hari kasih sayang padamu. Karena aku belum menunjukkan perbuatan kasih sayang yang sesungguhnya. Justru kaulah yang telah menunjukkan padaku arti kasih sayang yang sebenar-benarnya.

Kau sudah membiarkan aku untuk menginjakkan kaki di beberapa lokasi yang begitu indah dipandang mata. Kau menunjukkan padaku kemegahan sebuah Candi Borobudur dan keagungan sosok Bromo. Kau juga memamerkan kecantikan tebing pantai Uluwatu, pantai Pandawa dan kesunyian pantai Sekotong Lombok. Kau juga menunjukkan keramahan kota Batam dan ketenaran jembatan Barelang. Kau bahkan mengijinkan aku untuk menatap keindahan pulau Bunaken dari jarak dekat.

Kau mengijinkan aku untuk semakin mendekat tanpa ada balasan apapun untukmu. Bagiku, itulah arti kasih sayang yang sebenarnya.

Tapi sampai detik ini, aku belum juga mampu untuk melakukan hal yang sama untukmu. Memberi tanpa harap kembali. Aku belum punya hati setulus milikmu, wahai negeriku.

Oleh karena itu, di hari kasih sayang yang cerah ini, aku ingin menuliskan sepucuk surat penuh kasih sayang untukmu. Doaku untukmu: semoga kau selalu menjadi kebanggaan untukku, sebagai penghunimu. Semoga kau selalu menjadi daftar paling panjang untuk jalan-jalanku yang kesekian kalinya. Semoga kau selalu menjadi rumah pertama dan terakhirku hingga aku menutup mata.

Maafkan aku yang selalu mengecewakanmu. Maafkan aku yang selalu mengotorimu. Maafkan aku yang selalu menyia-nyiakanmu. Maafkan aku ya, negeriku.

Sekali lagi, selamat hari kasih sayang untukmu. Ijinkan aku untuk membalas semua kasih sayangmu, pada saatnya nanti.

Kali ini, ijinkan aku untuk mengucapkan : AKU CINTA PADAMU, INDONESIAKU.

Tagged:

Leave a Reply

The Laughing Phoenix

Life through broken 3D glasses. Mostly harmless.

Jenny Jusuf

In Between...

aMrazing

How I Become Immortal

Carousel Of Memories

A Blog By Rahne Putri

Nauval Yazid & His Words.

Obviously written by the owner of the words, Nauval Yazid. Ask me how to pronounce the name.

Lembar Hidup

..you are reading what matters to me.

NoComplaintWeek

Project "NoComplaintWeek": 7 hari tidak mengeluh. Di sini tempat berbagi semua yang berpartisipasi :)

